Selasa, 11 April 2017

Akhir Tahun, AS Kirim F-16 dan Apache ke Indonesia


 Akhir Tahun, AS Kirim F-16 dan Apache ke Indonesia
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan menuturkan, pihaknya akan mengirimkan puluhan jet tempur F-16 dan Apache ke Indonesia. Foto/Istimewa
 

JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan menuturkan, pihaknya akan mengirimkan puluhan jet tempur F-16 ke Indonesia. Ini adalah pengiriman gelombang terakhir hibah pesawat itu dari AS untuk Indonesia.

Donovan, yang berbicara saat menyampaikan kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah mengatakan, Indonesia juga kemungkinan akan menerima helikopter Apache di waktu yang sama saat menerima F-16.

"Kami akan mengirim gelombang terakhir F-16 ke Indonesia pada akhir tahun. Indonesia juga akan mendapatkan helikopter Apache pada akhir tahun. Helikopter Apache adalah helikopter paling canggih yang ada di dunia saat ini," ucap Donovan pada Selasa (11/4).

Pesawat tempur yang dihibahkan ini sudah diperbaharui dari Blok 25 menjadi Blok 52 yang kemampuannya setara dengan pesawat baru. Lima dari dua 24 F-16 yang akan diterima Indonesia sudah datang pada akhir Maret lalu di Pangkalan TNI Angkatan Udara Iswahjudi, Jawa Timur.

Dia kemudian mengatakan, militer Indonesia dan AS akan menggelar latihan perang bersama dengan menggunakan Apache pada akhir tahun ini. Latihan bersama ini disebut dengan "Garuda Shield".

"Militer akan berlatih bersama tahun ini untuk operasi apache sebagai bagian dari "Garuda Shield". Semakin banyak kerjasama militer dan pelatihan yang melibatkan kedua pihak, maka kita makin siap kerja sama sebagai mitra untuk bantu negara lain saat alami bencana alam atau menjaga keamanan dan kestabilan kawasan," ungkapnya. 




Credit  sindonews.com