Rabu, 12 April 2017

China Bakal Bangun Lapangan Terbang Pertama di Antartika

 China Bakal Bangun Lapangan Terbang Pertama di Antartika
China bakal membangun lapangan terbang pertama di Antartika dekat dengan stasiun Zhongshan. Foto/Istimewa


BEIJING - China akan memulai pembangunan lapangan terbang pertama di Antartika pada akhir tahun. Negara Tirai Bambu itu telah menyelesaikan misi survei dan telah mengambil sebuah situs dekat dengan stasiun Zhongshan untuk memulai konstruksi tahun ini.

Kapal pemecah es Xue Long telah kembali ke pangkalan pada Selasa lalu. Kapal ini membawa 256 kru ekspedisi Antartika ke-33 yang untuk melakukan perjalanan lintang selatan Bumi pada awal November.

"Pada awalnya lapangan terbang akan hanya memiliki satu landasan pacu, sehingga pembangunan akan mudah, kita hanya perlu untuk meratakan area yang dipilih dan mempertahankannya," tutur Deputi Direktur Polar Research Institute of China, Sun Bo

"Untuk pesawat terbang perlu dilengkapi dengan sepasang landasan pacu sehingga mereka dapat mendarat," imbuhnya seperti dikutip dari Sputniknews, Rabu (12/4/2017).

Sun Bo menambahkan konstruksi akan dimulai pada ekspedisi ke-34 dan menekankan bahwa lapangan udara direncanakan akan sangat membantu eksplorasi Arktik China. Landasan awal nantinya akan diikuti oleh sejumlah lapangan terbang lainnya yang akan menjadi landai dan akan mengakomodasi pesawat yang lebih besar.

Cina saat ini memiliki empat stasiun penelitian di Antartika, tetapi tidak memiliki landasan udara untuk memasok mereka dari udara. Keputusan untuk membangun lapangan terbang itu diambil pada tahun 2014 dan ekspedisi 31 mulai melakukan survei untuk menemukan situs yang tepat dengan menggunakan drone. 




Credit  sindonews.com