Kamis, 20 April 2017

Menlu Retno Marsudi Sambut Kedatangan Wapres AS di Jakarta


Menlu Retno Marsudi Sambut Kedatangan Wapres AS di Jakarta 
  Mike Pence tiba pada Rabu (19/4) malam untuk melakukan sejumlah pertemuan selama dua hari di Jakarta. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)


Jakarta, CB -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyambut kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Jakarta, Rabu (19/4) malam.

Duta Besar RI untuk AS Bowo Leksono dan Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan turut hadir dalam peyambutan tersebut.

Wakil Presiden Mike Pence tiba di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur, Rabu malam pukul 23.30 WIB. Pence dan rombongan sebelumnya melakukan kounjungan ke Jepang dan bertolak dari Tokyo pada pukul 17.45 waktu setempat.


Pence yang didampingi sang istri Karen Pence dan dua putrinya tiba dengan pesawat kepresidenan United States OF America bernomor 80002.

Dalam lawatann perdananya ke Indonesia, Pence dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan dengan beberapa pejabat. Salah satunya adalah kunjungan kehormatan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Kamis (20/9).

Dalam kunjungannya selama dua hari, Pence menyoroti jumlah isu mulai dari terorisme hingga keamanan.

Menlu Retno menegaskan salah satu fokus lawatan Pence ke Indonesia yakni penguatan kerja sama bilateral strategis, terutama di bidang ekonomi, energi, dan pendidikan.

"Kita sudah unya kemitraan strategis antara AS dan Indonesia yang menuntun kerja sama dalam konteks bilateral, ada beberapa pilar priortas," ungkap Retno seperti dilansir Antara.

Pence diagendakan juga akan mengunjungi Masjid Istiqlal untuk melakukan dialog dengan tokoh lintas agama.

Usai mengunjungi Masjid Istiqlal, Pence diagendakan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN dalam rangkaian peringatan 40 tahun hubungan AS-ASEAN.

Sementara agenda pada Jumat (21/4) Pence akan menyaksikan penandatangan nota kesepahaman antara Wapres Jusuf Kalla dan Mike Pence setelah membuka dan memberikan sambutan dalam Pertemuan Bisnis AS-Indonesia di Hotel SHangri-la, Jakarta.                    




Credit  cnnindonesia.com