Jumat, 12 Mei 2017

'Ancaman Rusia' Bisa Bikin AS Kirim Rudal Patriot ke Lithuania


Ancaman Rusia Bisa Bikin AS Kirim Rudal Patriot ke Lithuania
Ancaman ekspansi Rusia bisa membuat AS mengirimkan rudal Patriot ke Lithuania. Foto/Istimewa
 

VILNIUS - Dalam langkah yang mungkin untuk menunjukkan kehadiran Amerika Serikat (AS) lebih terasa di Baltik, Menteri Pertahanan James Mattis mengatakan Washington bisa mengirim rudal Patriot ke Lithuania. Kemungkinan hal itu sebagai tanggapan terhadap agresi yang dirasakan dari Rusia.

"Kami berada di sini dalam posisi defensif murni," kata Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan saat berkunjung ke Lithuania seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (11/5/2017).

"Semua orang tahu ini bukan kemampuan ofensif. Bagi siapa saja yang mengatakan sebaliknya, saya hanya akan mengatakan bahwa saya terlalu menghormati tentara Rusia untuk berpikir bahwa mereka benar-benar percaya bahwa ada kemampuan ofensif," jelasnya.

"Washington akan hanya menggunakan sistem pertahanan untuk memastikan bahwa kedaulatan dihormati. Sistem spesifik yang kami bawa adalah yang kami anggap perlu," Mattis mengatakan dalam sebuah konferensi pers dengan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite.

Kemungkinan rudal itu datang saat Rusia mempersiapkan latihan militer Zapad di bagian barat negara itu, yang akan berlangsung pada bulan Agustus dan September. Sebanyak 100.000 tentara Rusia diperkirakan akan ambil bagian. Latihan Zapad juga akan diadakan di daerah kantong Kaliningrad, Polandia antara Polandia dan Lithuania.

Kehadiran pasukan Rusia yang berat di dekat perbatasan mengkhawatirkan Lithuania, dan Grybauskaite mencatat bahwa Mattis memahami masalah ini.

Grybauskaite juga berhati-hati untuk tidak mengungkapkan banyak tentang penempatan rudal. "Kita membutuhkan semua sarana pertahanan dan pencegahan yang diperlukan, dan itulah yang akan kita putuskan bersama," kata Grybauskaite

Pejabat AS telah mengklarifikasi bahwa penyebaran semacam itu akan bersifat sementara dan tidak ada perubahan besar dalam pertahanan udara Washington di Baltik. Mereka mencatat bahwa sistem rudal permukaan-ke-udara dapat dipindahkan selama latihan pertahanan udara pada bulan Juli, dan akan dipindahkan sebelum latihan Zapad.

Namun, Washington berencana untuk mengawasi latihan Rusia untuk melihat apakah Moskow membawa peralatan dan mengumpulkan pasukan, dan apakah mereka meninggalkan apapun setelah latihan selesai.

Layanan Penjaga Perbatasan Lithuania juga berencana membangun pagar pembatas setinggi enam setengah kaki, yang terbentang sepanjang 30 mil di sepanjang perbatasan Kaliningrad. 




Credit sindonews.com