Kamis, 18 Mei 2017

Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan Turki



Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan Turki Tank Buatan RI dan Turki (Foto: Dok. Pindad)


Jakarta - PT Pindad (Persero) dan perusahaan asal Turki FNSS berkolaborasi dalam menggarap medium tank sejak 2015 lalu. Prototipe medium tank pertama pun sudah selesai dan dipamerkan dalam pameran internasional IDEF International Defence Industry Fair 2017 di Turki 9-12 Mei lalu.

Medium tank hasil kolaborasi kedua negara ini bermesin diesel dengan sistem transmisi otomatis (matic) ini memiliki berat 30-40 ton. Dengan ukurannya yang lebih kecil dari tank pada umumnya, medium tank 7 meter x 3,2 meter x 2,7 meter, ini mampu mengangkut 3 personel, terdiri dari juru kemudi, juru tembak, hingga pemberi komando.

Kerja sama pengembangan medium tank antara Pindad dan FNSS akan menghasilkan dua prototipe kendaraan perang tersebut. Medium tank yang dipamerkan di Turki merupakan prototipe pertama medium tank kolaborasi kedua negara.

"Pertama kita bikin bareng sama FNSS untuk verifikasi dan uji coba internal," ujar Kepala Program Pengembangan Medium Tank Pindad, Windhu Paramarta, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Medium tank dengan nama Kaplan MT ini mampu melesat hingga 70 kilometer (km) per jam dengan jarak tempuh maksimal sekali jalan 450 km. Medium tank ini juga dilengkapi dengan meriam dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia dan 7.62 mm Coaxial Machine Gun.

Prototipe kedua sedang memasuki tahap produksi di Bandung, Jawa Barat. Meski tidak mengetahui berapa persis pihak yang terlibat, Windhu mengatakan, sedikitnya ada 15 desainer Pindad yang dilibatkan untuk merealisasikan medium tank tersebut.


Prototipe kedua yang digarap sendiri oleh Pindad ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Akhir tahun sih pengennya sudah selesai, kalau semua lancar akhr tahun (selesai) prototipe dua," tutur Windhu.

Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan Turki
Foto: Dok. Pindad



Credit  finance.detik.com


Ini Dia Tank Baru Buatan RI dan Turki



Ini Dia Tank Baru Buatan RI dan Turki Foto: Dok. Pindad

Jakarta - Medium tank buatan PT Pindad (Persero) dan perusahaan asal Turki FNSS hadir dalam pameran internasional IDEF International Defence Industry Fair 2017 di Turki 9-12 Mei lalu. Pindad dan FNSS membuat prototipe medium tank dengan skema project development.

Kehadiran medium tank buatan Pindad dan FNSS di IDEF 2017 merupakan kali pertamanya dikenalkan ke publik.

"Itu memang pengenalan pertamanya medium tank. Jadi semacam launching pertama medium tank ita di sana (Turki) duluan," jelas Kepala Program Pengembangan Medium Tank Pindad, Windhu Paramarta, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Kerja sama pengembangan medium tank antara Pindad dan FNSS akan menghasilkan dua prototipe kendaraan perang. Medium tank yang dipamerkan di Turki merupakan prototipe pertama medium tank kolaborasi kedua negara.

Mengintip Tank Buatan RI dan TurkiFoto: Dok. Pindad


"Pertama kita bikin bareng sama FNSS untuk verifikasi dan uji coba internal," ujar Windhu.

Untuk prototipe kedua, lanjut Windhu, tengah dibuat di Bandung dan tengah memasuki tahap pembuatan badan tank. Prototipe medium tank pertama akan disimpan di Turki menjadi milik FNSS, dan prototipe medium tank kedua akan menjadi milik Pindad.

"Jadi yang pertama Pindad bikin sama FNSS, yang kedua kita bikin sendiri," tutur Windhu.

Mengintip Tank Buatan RI dan TurkiFoto: Dok. Pindad


Pembuatan medium tank kolaborasi antara Pindad dan FNSS terbilang sangat cepat. Pasalnya, hanya dibutuhkan waktu sekitar satu setengah tahun untuk melihat bentuk utuh dari medium tank tersebut.

"Turki pembuatan di 2015 mulai inisiasi mereka 2015 inisiasi itu November, Desember planning. Perancangan Februari 2016 itu mulai rancangan, kalau mulai pembuatan akhir 2016 selesai April. Ini satu tahun setengah sudah jadi," kata Windhu.





Credit  finance.detik.com