Jumat, 12 Mei 2017

Jet Tempur Rusia Pepet Pesawat Pengintai AS di Laut Hitam


Jet Tempur Rusia Pepet Pesawat Pengintai AS di Laut Hitam
Pesawat pengintai Poseidon P-8A milik Angkatan Laut AS terlibat insiden dengan jet tempur Su-27 milik Rusia di Laut Hitam. Foto/Istimewa
 

WASHINGTON - Sebuah jet tempur Rusia melaju dalam jarak 6 meter dari sebuah pesawat pengintai Angkatan Laut Amerika Serikat. Insiden itu terjadi di Laut Hitam awal pekan ini.

"Pada tanggal 9 Mei 2017, sebuah Su-27 Rusia datang dalam jarak sekitar 6 meter dari Poseidon P-8A Angkatan Laut AS saat pesawat Angkatan Laut AS melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional," kata Kapten Pamela Kunze, juru bicara Angkatan Laut AS untuk Eropa seperti dikutip dari NBC, jumat (12/5/2017).

Dia menambahkan bahwa interaksi tersebut dianggap aman dan profesional oleh komandan misi P-8A.

"Pesawat dan kapal Angkatan Laut AS secara rutin berinteraksi dengan kapal dan pesawat Rusia di laut dan perairan internasional dan sebagian besar interaksi terjadi dengan aman dan profesional," katanya.

Jarak enam meter sangat dekat dan pada insiden lain jarak yang lebih besar telah dianggap tidak aman dan tidak profesional oleh militer AS di masa lalu. Kunze mengatakan bahwa jarak hanya satu dari sekian banyak variabel yang dipertimbangkan saat menentukan aman dan profesionalnya sebuah insinden di udara.

Dia menyebutkan kecepatan, ketinggian, tingkat penutupan, jarak pandang dan faktor lain yang mempengaruhi apakah suatu insiden dicirikan aman atau tidak aman, profesional atau tidak profesional.

Semua itu diserahkan kepada komandan kapal atau pesawat udara untuk mengevaluasi semua variabel dan menilai setiap interaksi secara individu.




Credit  sindonews.com