Kamis, 18 Mei 2017

Jika Nuklir Korut Hantam AS, Trump Butuh 10 Menit untuk Bereaksi


Jika Nuklir Korut Hantam AS, Trump Butuh 10 Menit untuk Bereaksi
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS


WASHINGTON - Presiden Donald Trump akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk bereaksi jika rudal nuklir Korea Utara (Korut) benar-benar menghantam daratan Amerika Serikat (AS). Analisis waktu itu disampaikan para ahli keamanan global.

Waktu sekitar 10 menit itu akan menjadi keputusan Trump untuk meluncurkan serangan balasan atau tidak.

Berbicara kepada Associated Press tentang apa yang akan terjadi jika terjadi serangan nuklir dari Korut, ilmuwan David Wright, dari Program Keamanan Global UCS dan analis roket Markus Schiller, dari ST Analytics di Jerman, menggambarkan bagaimana drama tersebut akan terungkap.

”Batas waktu pendek,” ucap Wright. ”Bahkan untuk rudal jarak jauh, ada banyak langkah yang bisa dilakukan dalam mendeteksi peluncuran dan mencari tahu apa yang terjadi, membiarkan presiden tersebut mungkin memerlukan waktu 10 menit untuk memutuskan apakah akan melakukan serangan balasan (atau tidak),” lanjut Wright, yang dilansir Kamis (18/5/2017).

Para ahli bersikeras bahwa Korut yang dipimpin diktator muda Kim Jong-un masih belum mampu meluncurkan rudal yang bisa mencapai daratan AS. Namun, rezim komunis itu pada hari Senin lalu mengklaim mampu melakukannya.

Dalam pengumuman di kantor berita KCNA, rezim Pyongyang menyatakan bahwa Korut sekarang memiliki kemampuan untuk mengirim hulu ledak nuklir berskala besar melintasi Pasifik. Klaim itu menyusul kesuksesan Korut dalam uji tembak rudal balistik Hwasong-12 selama akhir pekan lalu.

Kim Dong-yub, profesor di Universitas Kyungnam Korea Selatan, mengatakan kepada media lokal bahwa kemungkinan terburuk dari serangan rudal nuklir Korut adalah melanda Alaska atau Hawaii.

Jika Korut memang memiliki kemampuan untuk mencapai target di AS, Wright dan Schiller memprediksi bahwa segala sesuatunya bisa lepas kendali dan berlangsung cepat.

Sementara Wright yakin sebuah rudal balistik antarbenua yang ditembakkan dari Pyongyang akan memakan waktu sedikit lebih dari 2,5 jam untuk mencapai San Francisco. Sedangkan Schiller memprediksi wilayah rawan yang diserang adalah Seattle atau Los Angeles dengan tempo kurang dari 30 menit setelah diluncurkan.

Kedua ilmuwan itu memprediksi New York dan Washington kemungkinan bisa terkena dampak serangan rudal nuklir korut dalam tempo 30-40 menit sebelum dilesatkan.

Sekutu Amerika di sekitar Semenanjung Korea akan memiliki reaksi yang lebih singkat lagi, seandainya Kim Jong-un memutuskan untuk menyerang tetangganya di Pasifik Selatan.

Menurut Schiller, orang-orang yang tinggal di Seoul akan memiliki nol sampai 6 menit saat sebuah rudal yang diluncurkan mencapai sasaran. Waktu itu bisa digunakan untuk berlindung.

Selanjutnya, bagi orang-orang yang berada di Jepang akan memiliki waktu singkat untuk mempersiapkan diri. Schiller dan Wright memperkirakan waktu bagi orang-orang di Jepang hanya 10 sampai 11 menit sebelum rudal dari Korut mencapai Tokyo. 





Credit  sindonews.com