Jumat, 12 Mei 2017

Mesir Temukan Ruang Pemakaman Putri Firaun


Kotak kayu bertuliskan huruf kuno Mesir hieroglif yang berisi organ putri Raja Firaun.
Kotak kayu bertuliskan huruf kuno Mesir hieroglif yang berisi organ putri Raja Firaun.

CB, KAIRO -- Kementerian Purbakala Mesir merilis penemuan ruang pemakaman putri firaun berusia 3.700 tahun. Ruang tersebut diyakini berada di dekat piramida yang baru ditemukan di Mesir.

Kementerian mengatakan ruang itu berada di sekitar wilayah kerajaan nekropolis Dahshur, di daerah selatan Kairo. Di ruangan tersebut terdapat sebuah kotak kayu yang diukir dengan huruf hieroglif (huruf mesir kuno).

Seperti dikutip BBC, Kamis (11/5), kotak kayu tersebut berisi empat guci kanopi yang berisi organ-organ manusia yang diduga adalah milik putri Raja Emnikamaw. Jarak piramida sang raja dari penemuan ruangan tersebut sekitar 600 meter.

Pada bulan sebelumnya, arkeolog mesir menyelidiki sisa-sisa struktur batuan dengan 10 baris hieroglif yang menyebut nama Emnikamaw. Arkeolog mesir tersebut juga menemukan sisa-sisa sebuah sarkofagus antropoid.

Dahshur merupakan wilayah dimana Raja Sneferu dari dinasti keempat membangun piramida bersisi halus Mesir  kuno. Piramida yang disebut dengan Piramida Merah tersebut memiliki tinggi 104 meter yang dibangun 4.600 tahun yang lalu.

Selepas meninggalnya Raja Sneferu, takhta kerajaan Mesir Kuno dilanjutkan oleh putranya bernama Khufu. Khufu membangun piramida yang lebih besar yang dikenal dengan Piramida Giza dengan ketinggian 138 meter yang termasuk dalam keajaiban dunia.



Credit  republika.co.id