Senin, 19 Juni 2017

Kapal Perang AS Bertabrakan di Perairan Jepang


Kapal Perang AS Bertabrakan di Perairan Jepang Kapal USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal pengangkut kontainer berbendera Filipina di perairan Jepang. (Kyodo/via REUTERS)



Jakarta, CB -- Tujuh pelaut Angkatan Laut AS hilang dan sejumlah lainnya luka-luka setelah kapal peerusak milik AS bertabrakan dengan kapal dagang di lepas pantai Jepang.

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa kapal perusak USS Fitzgerald mengalami kerusakan setelah insiden tabrakan itu.

Komandan Bryce Benson termasuk satu dari tiga awak kapal perang itu yang luka-luka dan harus diterbangkan ke rumah sakit militer di Yokosuka, Jepang. Angkatan Laut AS mengatakan kondisi Komandan Benson saat ini stabil.

Sementara itu, Komandan Operasi Angkatan Laut AS Laksamana John Richardson mengatakan tiga awak lainnya juga diterbangkan ke rumah sakit karena luka yang diderita.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang mengatakan kepada CNN bahwa kedua kapal ini bertabrakan pada Sabtu (17/6) pukul 02.30 waktu setempat sekitar 19 kilometer dari Semenanjung Izu.

AL Amerika Serikat mengatakan kerusakan akibat tabrakan itu membuat kapal USS Fitzgerald bocor namun awak kapal bekerja keras memompa air laut yang masuk keluar dari kapal.

Seorang pejabat AL AS mengatakan kepada CNN bahwa kapal penjelajah ini masih bisa beroperasi dengan tenaga listrik sendiri tetapi tenaganya terbatas.

Angkatan Laut AS mengatakan satu helikopter milik Pasukan Penjaga Pantai Jepang membantu mengevakuasi korban yang luka, sementara stasiun televisi Jepang NHK memperlihatkan tayangan video ketika awak yang luka diangkut ke atas helikopter.
Kapal USS Fitzgerald mengalami kerusakan sehingga air laut masuk dan awak kapal bekerja keras memompanya keluar. Kapal USS Fitzgerald mengalami kerusakan sehingga air laut masuk dan awak kapal bekerja keras memompanya keluar. (Kyodo/via Reuters)
Pasukan Penjaga Pantai Jepang mengatakan empat kapal dan satu helikopter milik mereka membantu untuk memeriksa kerusakan dan mengitari kapal untuk mencari awak yang kemungkinan terjatuh ke laut.

Para pejabat mengatakan kapal dagang yang terlibat dalam insiden itu adalah ACX Crystal, sebuah kapal pengangkut kontainer berbendera Filipina.

Situs lalu lintas kapal laut, marinetraffic.com, menyebut bahwa kapal Crystal meninggalkan pelabuhan Nagoya pada Jumat (16/6) malam.




Credit  CNN Indonesia



Tujuh Awak Kapal Perang AS yang Hilang Ditemukan Tewas


Tujuh Awak Kapal Perang AS yang Hilang Ditemukan Tewas
Kapal perang AS USS Fitzgerald mengalami kerusakan akibat tabrakan dengan kapal niaga Filipina di lepas pantai Jepang. Foto/Istimewa

TOKYO - Tujuh awak kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Fitzgerald, yang hilang ditemukan sudah tidak bernyawa. Mereka ditemukan tewas di kompartemen yang banjir saat terjadi tabrakan dengan sebuah kapal dagang berbendera Filipina di lepas pantai Jepang.

Armada ke-7 Angkatan Laut mengatakan bahwa tim pencari menemukan mayat mereka pada hari Minggu (18/6/2017) pagi setelah kapal tersebut kembali ke pangkalannya di Jepang. Ketujuh mayat itu telah dibawa ke rumah sakit angkatan laut AS di Yokosuka.

"Keluarga telah diberi tahu dan Angkatan Laut akan memberi dukungan yang mereka butuhkan selama masa sulit ini. Nama pelaut akan diumumkan setelah semua pemberitahuan dibuat," kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan tanpa menyebutkan jumlah mayat yang telah ditemukan disitat dari CNN.

Kapal perusak bersenjata rudal dengan berat 10.000 ton itu bertabrakan dengan Crystal ACX, sebuah kapal kontainer berkapasitas 29.000 ton. Insiden itu terjadi pada Sabtu pagi waktu setempat, kata beberapa pejabat.

Kapal perusak tersebut mengalami kerusakan parah pada sisi kanannya, sementara kapal kontainer mengalami kerusakan ringan.

Komandan angkatan laut memuji para pelaut karena berhasil menahan banjir yang disebabkan oleh tabrakan tersebut, menstabilkan kapal dan membawanya kembali ke pelabuhan di pangkalan angkatan laut AS di Yokosuka. Kapal akan diperiksa kerusakannya dan mengembangkan sebuah rencana untuk perbaikan dan inspeksi. Kapal tersebut meninggalkan pangkalan pada Jumat untuk operasi rutin.

"Komandan Fitzgerald, Laksamana Bryce Benson, dievakuasi oleh sebuah helikopter angkatan laut Jepang sementara helikopter militer AS mengevakuasi dua pelaut AS yang terluka. Ketiganya berada dalam kondisi stabil di Rumah Sakit Angkatan Laut AS di Yokosuka," kata Laksamana Ron Flanders, juru bicara Pasukan Angkatan Laut AS di Jepang.

Fitzgerald adalah perusak rudal kelas Arleigh Burke dengan awak sekitar 330 pelaut. Kapal itu panjangnya 505 kaki. Kapal ini baru saja menyelesaikan perbaikan dan peningkatan senilai USD21 juta pada bulan Februari lalu dan dikirim ke Yokosuka, mendukung keamanan dan stabilitas di wilayah Indo-Asia-Pasifik. 






Credit  sindonews.com