Selasa, 20 Juni 2017

Media Ungkap Identitas Pelaku Serangan Masjid London



Media Ungkap Identitas Pelaku Serangan Masjid London 
Media Inggris menyebut bahwa pelaku serangan di Masjid Finsbury Park, utara London, Senin (19/6), bernama Darren Osborne dan berusia 47 tahun. (Foto: REUTERS/Neil Hall)


Jakarta, CB -- Media Inggris mengungkap identitas pelaku serangan di Masjid Finsbury Park, utara London, Senin (19/6).

Pelaku diketahui bernama Darren Osborne. Pria berusia 47 tahun tersebut memiliki empat anak.

Sembilan korban dilarikan ke rumah sakit setelah sopir berkulit putih berteriak, “Saya ingin membunuh seluruh Muslim,” kemudian menabraki orang-orang di dekat masjid yang terletak di Finsbury Park.

Seorang pria tua yang ambruk setelah mobil itu muncul dinyatakan tewas, meski polisi belum mengonfirmasi apakah dia meninggal akibat dari serangan tersebut atau tidak.

Warga sekitar menangkap pelaku sampai pria tersebut ditahan oleh aparat kepolisian dengan tuduhan “komisi, persiapan atau dorongan terorisme termasuk pembunuhan dan upaya pembunuhan.”

Pemeriksaan teror menggiring para penyelidik ke ibu kota Welsh, Cardiff, di mana mereka mencari sebuah properti yang disebut media sebagai rumah Darren Osborne.

Lima warga membeberkan informasi kepada asosiasi jurnalis setelah mengidentfikasi gambar pelaku. Kelimanya menyebut Osborne sebagai tetangga mereka.

“Saya tahu dia. Saya hidup di sini selama tahun, dia sudah tinggal di sini ketika saya pindah ke sini,” ujar Saleem Naema.

“Jika saya butuh apapun, dia [Osborne] akan datang. Saya hanya tidak percaya bahwa dia melakukannya. Saya seorang Muslim,” katanya.

Tetangga lain, Khadijeh Sherizi, mengatakan bahwa Osborne adalah seorang ayah dan tinggal bersama keluarganya di sebelah rumahnya.

“Saya melihatnya di berita dan saya pikir, ‘Ya Tuhan,’ Dia adalah tetangga saya. Dia sangat normal. Dia sempat berada di dapurnya kemarin sore bernanyi bersama anak-anaknya,” ujarnya kepada AFP.

Seorang tetangga lainnya mengungkapkan bahwa Osborne sering terlihat tengah beradu mulut dengan istrinya di jalan.





Credit  CNN Indonesia