Selasa, 15 Agustus 2017

Jaringan 4G Akan Hadir di Bulan



4G LTE
4G LTE.

CB, California - Laman berita teknologi dan sains, Space, mengabarkan startup asal Jerman Part Time Scientist (PTS) akan membuat infrastruktur telekomunikasi di bulan. Cara ini, nantinya, akan memudahkan astronot melakukan panggilan telepon dari satelit alami itu ke stasiun darat di bumi.

Rencananya, PTS akan mulai membangun jaringan tersebut pada 2019. Perusahaan yang membuat wahan Moon Rover dalam ajang Google Lunar XPrize ini akan menggunakan teknologi 4G LTE dan bekerjasama dengan Vodafone.

"Tujuan kami tak lain adalah membangun layanan komersial antara tim astronot dan bumi," ujar Karsten Becker, kepala pengembangan perangkat elektronika PTS, seperti dilansir laman Space, Selasa, 15 Agustus 2017.



PTS akan melakukan uji coba peluncuran dua wahana dengan menggunakan roket Falcon 9. Lalu, Becker menjelaskan, wahana tersebut akan mendarat ke bulan dan akan melakukan panggilan pertama ke bumi.


Wahana dan stasiun telekomunikasi di bulan tersebut hidup dari daya sebesar 90 watt yang berasal dari solar panel. Karena itu, wahana akan beroperasi di sisi permukaan yang terkena cahaya matahari.

"Pada 2019 baru uji coba, baru beroperasi pada 2020," kata Becker. Saat itulah PTS akan membangun terminal LTE khusus yang bisa bertahan di bulan dalam jangka waktu lama.




Credit  tempo.co