Senin, 14 Agustus 2017

Obyek Antariksa Seukuran Rumah Akan Melintas Dekat Bumi


Asteroid 2012 TC4 yang ukurannya sama dengan rumah akan melintas dekat bumi pada Oktober mendatang. (The Telegraph)

Asteroid 2012 TC4 yang ukurannya sama dengan rumah akan melintas dekat bumi pada Oktober mendatang. (The Telegraph).

CB, Munich - Obyek antariksa asteroid yang ukurannya menyerupai rumah, panjangnya sekitar 30 meter, akan melintas dekat bumi pada Oktober mendatang. Meski dikatakan dekat, jika dikonversikan dengan jarak di bumi bisa dibilang cukup jauh, yakni pada jarak 44 ribu kilometer.

Jarak tersebut sama dengan jarak empat kali pulang-pergi Kutub Utara-Kutub Selatan. Satelit terjauh yang mengorbit pada bumi, satelit geostasioner, berada pada ketinggian 36 ribu kilometer.

Badan Antariksa Eropa (ESA) meyakinkan warga bumi untuk tidak khawatir terhadap asteroid tersebut. "Hanya lewat, tidak akan menabrak bumi," ujar Detlef Koschny, salah satu peneliti dari ESA, seperti dilansir laman berita The Telegraph, Ahad, 13 Agustus 2017.



Asteroid ini bernama TC4. Sebelumnya, asteroid ini pernah melewati bumi pada Oktober 2012. Saat itu, jarak lintasannya pun lebih jauh, yakni 95 ribu kilometer. Ini seperempat jarak bumi ke bulan.

"Kali ini kemungkinan besar sama dengan seperti itu, hanya melintas dan menghilang begitu saja," kata Kepala Operasi ESA, Rolf Densing.





Credit  tempo.co