Jumat, 20 Oktober 2017

Gua Raksasa Ditemukan di Bulan, Bisa Jadi 'Rumah' Astronot


Gua Raksasa Ditemukan di Bulan, Bisa Jadi Rumah Astronot
Foto: AFP



Jakarta - Para peneliti Jepang menemukan gua raksasa di bulan yang diharapkan bisa menjadi 'rumah' bagi astronot yang pergi ke bulan. Seperti apa ya wujudnya?

Gua itu nantinya bisa melindungi astronot dari radiasi berbahaya dan perubahan temperatur yang ekstrem. Penemuan itu berdasarkan data dari satelit milik Jepang, SELENE. Demikian dilansir AFP, Jumat (20/10/2017).

Data dari SELENE mengkonfirmasi adanya keberadaan gua sepanjang 31 mil dan lebar 328 kaki. Gua ini diyakini merupakan tabung lava hasil aktivitas vulkanik 3,5 juta tahun lalu. Penemuan ini dipublikasikan pekan ini oleh majalah sains Amerika Serikat, Geophysical Research Letters.

"Kami sudah mengetahui lokasi ini yang awalnya kami kira merupakan tabung lava, namun eksistensinya baru terkonfirmasi saat ini," kata peneliti lembaga penelitian luar angkasa Jepang, Junichi Haruyama.

Terowongan bawah tanah, yang terletak di bawah area yang dinamakan Bukit Marius, akan membantu melindungi astronot dari perubahan ekstrem temperatur dan radiasi. Para peneliti belum secara langsung melihat bagian dalam gua itu, namun tetap optimistis.

Penemuan ini diumumkan setelah Jepang mengungkapkan rencana ambisius untuk menempatkan astronot di bulan pada 2030. Ini adalah pertama kali lembaga penelitian luar angkasa Jepang mengungkapkan rencana mengirim astronot ke stasiun luar angkasa internasional.



Credit  detik.com