Jumat, 20 Oktober 2017

Serangan Rusia Tewaskan 16 Warga Sipil Suriah Termasuk Anak-anak


Serangan Rusia Tewaskan 16 Warga Sipil Suriah Termasuk Anak-anak
ilustrasi jet tempur (Foto: Getty Images)



Damaskus - Setidaknya 16 warga sipil, termasuk beberapa anak-anak, tewas akibat serangan udara di provinsi Deir Ezzor, Suriah. Serangan itu diyakini dilakukan oleh jet-jet tempur Rusia.

Provinsi Deir Ezzor, Suriah timur sebagian dikuasai oleh kelompok radikal ISIS, yang tengah menghadapi gempuran dari berbagai pihak di Suriah.

"Warga sipil tersebut tewas saat mereka mencoba menyeberangi sungai Efrat dekat kota Abu Kamal," demikian disampaikan kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (20/10/2017).

Menurut Observatory yang berbasis di Inggris tersebut, jet-jet tempur Rusia melakukan serangan udara pada Kamis (19/10) waktu setempat itu. Kelompok tersebut mengidentifikasi pesawat-pesawat yang melakukan serangan udara berdasarkan tipe, lokasi, pola penerbangan dan munisi yang digunakan.

Abu Kamal merupakan satu dari beberapa basis ISIS yang masih tersisa di Suriah.

Rusia memulai intervensi militer di Suriah untuk mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad pada tahun 2015. Intervensi militer tersebut dilakukan untuk membantu rezim Assad memerangi kelompok ISIS dan kelompok-kelompok teroris lainnya.



Credit  detik.com