Senin, 23 Oktober 2017

Topan Lan Landa Jepang, Puluhan Ribu Orang Dievakuasi


Topan Lan.
Topan Lan.



CB, TOKYO -- Topan Lan menghantam pulau utama Jepang pada hari Ahad, (22/10). Bencana ini menewaskan sedikitnya dua orang. Topan memicu peringatan untuk mengevakuasi puluhan ribu orang dan pembatalan ratusan penerbangan.
Menunurt kantor berita Kyodo, korban tewas antara lain, seorang yang pria tewas di bawah bangunan yang roboh akibat angin kencang. Satu lagi merupakan nelayan yang nahas saat ia mau naik ke kapal. Sedangkan lainnya ada yang mengalami beberapa luka ringan.
Topan Lan diklasifikasikan sebagai badai kategori 4 menurut situs Tropical Storm Risk. Menurut Japan Meteorological Agency (JMA), Topan Lan berada di selatan Jepang dan bergerak ke timur laut pada kecepatan 50 kilometer per jam pada hari Ahad malam.
Seperti dilansir Channel News Asia, Topan Lan tampak sedikit melemah dari puncaknya. Namun badai tersebut masih merupakan badai dahsyat yang bisa menerjang sebagian Jepang dengan intensitas hujan lebih dari 80 mm (3 inci) per jam.
Menurut pejabat JMA, Topan Lan akan mendarat di pulau utama Jepang, Honshu, mungkin di dekat Tokyo pada Senin pagi. Pada saat itu kemungkinan akan melemah ke badai kategori 2. "Angin dan hujan akan meningkat lebih kuat seiring berlalunya waktu, jadi lakukan tindakan seperlunya sedini mungkin, sebaiknya sebelum hari mulai gelap," kata pejabat tersebut.




Credit  REPUBLIKA.CO.ID