Selasa, 09 Januari 2018

Kisah Jahil Astronaut Penyelundup, Bikin Marah Kongres AS


image_title
Astronaut John Young                




CB – Salah satu dari astronaut yang pernah menginjakkan kaki di bulan, John Young tutup usia.  Young meninggal di usianya yang ke-87 tahun.
Dilansir dari laman AVClub,  Senin 8 Januari 2018, Young tergolong astronaut yang paling lama ikut dalam misi Gemini, misi Apollo sampai misi pesawat ulak alik Space Shuttle. Young telah enam kali melakukan perjalanan ke luar angkasa.


Yang paling berkesan mengenai perjalanan hidup Young adalah ketika astronaut yang doyan guyonan itu menyelundupkan makanan untuk disantap di ruang angkasa. Waktu itu Young ikut dalam misi Gemini 3 bersama rekannya Gus Grissom.
Pada misi 23 Maret 1965 itu, Young menyembunyikan sandwich di dalam sakunya. Dalam misi Gemini 3, dua astronaut itu memang dimaksudkan untuk menguji bagaimana astronaut bisa makan di luar angkasa, tapi sandwich tidak masuk daftar makanan yang dibawa.
Saat menguji meminum kopi, Young mengeluarkan sandwich, sontak Grissom pun kaget. Mereka pun menikmati sandwich di ruang angkasa.
Belakangan, Kongres AS mengetahui aksi penyelundupan makanan itu ke ruang angkasa.
"Dia adalah orang pertama yang diteriaki oleh Kongres karena menyelundupkan sandwich," tulis AVClub.
Salah satu alasan mengapa Kongres AS marah, sebab mengirimkan makan untuk para astronaut di luar angkasa cukup menelan biaya. Walaupun Young membeli sandwich dengan uang pribadi, tetap saja Kongres AS mengkhawatirkan dampak masuknya makanan selundupan itu bagi astronaut lain.
Astronaut sekarang tidak seenak nasib astronaut dahulu. Pada masa kini, makanan astronaut mulai dibebaskan memilih makanan, sekarang juga banyak makanan enak dikirimkan ke antariksa.
Cerita Young menyelundupkan sandwich itu sangat berkesan dan selalu diceritakan turun temurun. Astronaut yang pernah menjadi komandan misi Apollo itu pun merasa terganggu dengan cerita sandwitch tersebut.




Credit  viva.co.id