Senin, 08 Januari 2018

Pesan Presiden Cina ke Militer: Jangan Takut Perang



Pesan Presiden Cina ke Militer: Jangan Takut Perang
Xi Jinping. REUTERS

CB, Jakarta - Presiden Cina, Xi Jinping, menyampaikan pesan tegas kepada anggota militer agar mereka siap perang dan tidak takut mati demi membela negara.
"Kalian jangan takut perang demi negara di tengah ketegangan di Asia," ucapnya Xi seperti dikutip The Australian, Sabtu, 6 Januari 2018.


Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) berbaris dalam formasi parade militer untuk memperingati ulang tahun ke 90 berdirinya PLA di Basis pelatihan Zhurihe di Wilayah Otonomi Mongolia, Cina, 30 Juli 2017. AP
Xi adalah pemimpin besar di Cina sejak kematian Mao Zedong. Dia terpilih kembali dalam kongres Partai Komunis Cina pada Oktober 2017.
Pemimpin Cina itu mengatakan di depan ribuan pasukan Tentara Pembebasan Rakyat di Pusat Komando Tenrara di sebelah utara Provinsi Hebei, Rabu, 3 Januari 2018, "Militer Cina seharusnya tidak takut pada penderitaan atau kematian."
Kantor berita Cina, Xinhua, dalam pemberitaannya menyebutkan, moderinisasi militer yang dilakukan oleh Xi telah menimbulkan kekhawatiran di Asia dan Washington. Hal itu membuat mereka melakukan perbaikan persenjataan.


Tentara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) ambil bagian dalam parade militer untuk memperingati ulang tahun ke-90 berdirinya angkatan darat di markas pelatihan militer Zhurihe di Daerah Otonom Mongolia Dalam, Cina, 30 Juli 2017. China Daily/REUTERS
Untuk itu, Xi mendesak militer Cina melakukan penelitian guna menghadapi perang berteknologi tinggi dan terlibat dalam pelatihan perang sesungguhnya.
"Ciptakan pasukan elite dan kuat yang selalu siap perang, sanggup bertempur dan yakin menang," kata Xi yang juga pengendali Partai Kominis Cina.





Credit  TEMPO.CO