Jumat, 20 April 2018

AS Cabut Kesepakatan Nuklir, Iran Janjikan Balasan Tidak Mengenakkan


AS Cabut Kesepakatan Nuklir, Iran Janjikan Balasan Tidak Mengenakkan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian


TEHERAN - Iran memperingatkan Amerika Serikat (AS) akan konsekuensi menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional. Teheran menjanjikan balasan yang tidak menyenangkan terhadap Washington.

"Iran memiliki beberapa opsi jika Amerika Serikat meninggalkan kesepakatan nuklir. Reaksi Teheran terhadap penarikan Amerika atas kesepakatan itu akan tidak menyenangkan," ujar Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif saat tiba di New York seperti dikutip dari Reuters, Jumat (20/4/2018).

Di bawah kesepakatan Iran dengan AS, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia dan Cina, Teheran setuju untuk membatasi program nuklirnya untuk memenuhi sumber listrik yang tidak dapat digunakan untuk mengembangkan bom atom. Sebagai gantinya, Iran menerima bantuan dari sanksi, yang sebagian besar dicabut pada Januari 2016.

Presiden AS Donald Trump telah memberi Eropa tenggat waktu 12 Mei untuk "memperbaiki kekurangan yang mengerikan" dari kesepakatan nuklir 2015, atau dia akan menolak untuk memperpanjang sanksi AS terhadap Iran.

Iran mengatakan akan tetap mempertahankan kesepakatan selama pihak lain menghormatinya, tetapi akan "mencabik-cabik" kesepakatan itu jika Washington menarik diri. 






Credit  sindonews.com